About Us

The existence of Product Design Studies Program Faculty of Creative Industries, University of Telkom, begins with the establishment of the High School of Art and Design Indonesia (STISI) in 1991. After one year, precisely on November 10, 1992, Product Design Studies was established, to completing other study programs that exist such as Visual Communication Design, Interior Design, Craft Textile and fashion design, and Fine Arts (Sculpture and Painting). In 2011 STISI joined Telkom, and changed its name to STISI Telkom, then carried back Faculty of Creative Industries Telkom when incorporated with Telkom University in 2013.

 

Product Design Study Program Faculty of Creative Industries (FIK) produces  professional’s in the field of creative industries through mastery of theory, technology, and creative intelligence, so as to design a good product and has a sale value, as well as those qualities can contribute in improving human life.

 

Study courses in Product Design includes theory, modeling, methodologies, technology, application / applied as well as the tools needed to develop innovation products and creative industries based Visceral, Behavioral, Environmental, Future, and Conceptual.

  1. Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom,  berawal dengan didirikannya Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung pada tahun 1991.
  2. Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif (FIK) menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif, sehingga mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia.
  3. Kajian keilmuan program studi S1 Desain Produk meliputi teori, pemodelan, metodologi, teknologi, aplikasi/terapan serta alat bantu yang dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi produk dan industri kreatif berbasiskan Visceral, Behavioral, Environmental, Future, dan Conceptual.
  4. Memiliki Tujuan:
  • Melakukan pengajaran  keilmuan desain produk dengan memanfaatkan kebaruan ICT;
  • Melakukan penelitian keilmuan desain produk dengan memanfaatkan Kearifan Lokal;
  • Melakukan pengabdian masyarakat dengan mengapilkasikan inovasi-inovasi kelimuan desain produk dalam pengembangan industri kreatif.
  • Menghasilkan creativepreneur yang dapat memanfaatkan perkembangan ICT dan Kearifan Lokal dalam setiap inovasi desain;
  • Melakukan pengembangan keilmuan desain produk dalammenghadapi perkembangan ICT dan Kearifan Lokal.

Visi PS-DP yaitu “Menjadi Program Studi Desain Produk yang Unggul pada Tahun 2018 Melalui Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dan Budaya Nusantara Dalam Menghasilkan Creativepreneur yang Berdaya Saing Untuk  Pengembangan Industri Kreatif di Bidang Desain Produk”, diturunkan dari Visi Fakultas Industri kreatif yaitu “Menjadi Fakultas yang unggul serta pusat pengembangan Creativepreneur berbasis ICT dan Budaya Nusantara” yang sejalan dengan visi Universitas Telkom yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Berkelas Dunia yang Berperan Aktif Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Seni Berbasis Teknologi Informasi”, maka PS-DP mempunyai visi kedepan menjadi program studi desain produk unggul tingkat regional dan pusat pengembangan creativepreneur melalui kolaborasi keilmuan desain produk dengan kemajuan teknologi khususnya bidang Information and Communication Technology (ICT) yang berlandaskan budaya nusantara.

Berikut ini adalah penjelasan dari visi PS-DP:

  • Unggul berarti memiliki daya saing, dan mampu menempatkan diri pada posisi yang diperhitungkan ditengah persaingan global.
  • Berbasis ICT berarti penggunaan Information Communication Technology (ICT) menjadi tulang punggung dalam pelaksanaan proses pendidikan di PS-DP. Selain itu, penguasaan ICT menjadi pendukung bagi mahasiswa dalam memecahkan persoalan desain produk.
  • Budaya Nusantara yang dimaksud adalah produk budaya masa lalu yang secara terus-menerus dijadikan pegangan hidup oleh suatu masyarakat, mencakup segala bentuk keunggulan budaya masyarakat setempat berkaitan dengan kondisi geografis dalam arti luas. PS-DP berupaya mengembangkan kearifan lokal dan kearifan budaya lokal Nusantara. Kondisi ini didukung oleh latar belakang mahasiswa PS-DP yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Misi PS-DP sejalan dengan misi Fakultas Industri kreatif dan misi Universitas Telkom, dimana misi PS-DP adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran keilmuan desain produk berwawasan creativepreneurship dengan memanfaatkan budaya Nusantara dan ICT.
  • Melakukan pengembangan dan mendiseminasikan keilmuan desain produk melalui penelitian yang mendukung industri kreatif dengan memanfaatkan budaya Nusantara dan kebaruan ICT.
  • Menerapkan keilmuan desain produk untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kemampuan creativepreneurship masyarakat serta melaksanakan berbagai kerjasama dengan berbagai institusi baik nasional maupun Internasional dalam berbagai kegiatan akademik dan lainnya.

Adapun misi Fakultas Industri kreatif adalah sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan di bidang industri kreatif untuk menghasilkan lulusan berjiwa creativepreneur yang menguasai ICT dan berwawasan budaya nusantara.
  • Memperkuat penelitian di bidang industri kreatif bekerjasama dengan industri, akademisi, swasta dan pemerintah untuk menghasilkan karya yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kreatif nasional.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui implementasi creativepreneur yang mendukung peningkatan kualitas kehidupan dan pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan Misi Universitas Telkom sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berstandar internasional;
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni yang diakui secara internasional;
  • Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, manajemen, dan seni, untuk kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa
%d bloggers like this: