About Us

The existence of Product Design Studies Program Faculty of Creative Industries, University of Telkom, begins with the establishment of the High School of Art and Design Indonesia (STISI) in 1991. After one year, precisely on November 10, 1992, Product Design Studies was established, to completing other study programs that exist such as Visual Communication Design, Interior Design, Craft Textile and fashion design, and Fine Arts (Sculpture and Painting). In 2011 STISI joined Telkom, and changed its name to STISI Telkom, then carried back Faculty of Creative Industries Telkom when incorporated with Telkom University in 2013.

 

Product Design Study Program Faculty of Creative Industries (FIK) produces  professional’s in the field of creative industries through mastery of theory, technology, and creative intelligence, so as to design a good product and has a sale value, as well as those qualities can contribute in improving human life.

 

Study courses in Product Design includes theory, modeling, methodologies, technology, application / applied as well as the tools needed to develop innovation products and creative industries based Visceral, Behavioral, Environmental, Future, and Conceptual.

  1. Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom,  berawal dengan didirikannya Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung pada tahun 1991.
  2. Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif (FIK) menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif, sehingga mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia.
  3. Kajian keilmuan program studi S1 Desain Produk meliputi teori, pemodelan, metodologi, teknologi, aplikasi/terapan serta alat bantu yang dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi produk dan industri kreatif berbasiskan Visceral, Behavioral, Environmental, Future, dan Conceptual.
  4. Memiliki Tujuan:
  • Melakukan pengajaran  keilmuan desain produk dengan memanfaatkan kebaruan ICT;
  • Melakukan penelitian keilmuan desain produk dengan memanfaatkan Kearifan Lokal;
  • Melakukan pengabdian masyarakat dengan mengapilkasikan inovasi-inovasi kelimuan desain produk dalam pengembangan industri kreatif.
  • Menghasilkan creativepreneur yang dapat memanfaatkan perkembangan ICT dan Kearifan Lokal dalam setiap inovasi desain;
  • Melakukan pengembangan keilmuan desain produk dalammenghadapi perkembangan ICT dan Kearifan Lokal.
  1. VisiMenjadi Program Studi Desain Produk yang unggul melalui pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dan Kearifan Lokal dala0m menghasilkan creativepreneur yang berdaya saing pada pengembangan industri kreatif.

    Misi

    Mengembangkan Tridharma yang unggul dalam menghadapi perkembangan Industri Kreatif masa depan
    Membuka wawasan Creativepreneurship yang mengaplikasikan inovasi-inovasi desain dengan memanfaatkan ICT dan Kearifan Lokal.
    Mengembangkan keilmuan desain produk terkait perkembangan ICT dan menginventarisasi Kearifan Lokal.

%d bloggers like this: