About Us

The existence of Product Design Studies Program Faculty of Creative Industries, University of Telkom, begins with the establishment of the High School of Art and Design Indonesia (STISI) in 1991. After one year, precisely on November 10, 1992, Product Design Studies was established, to completing other study programs that exist such as Visual Communication Design, Interior Design, Craft Textile and fashion design, and Fine Arts (Sculpture and Painting). In 2011 STISI joined Telkom, and changed its name to STISI Telkom, then carried back Faculty of Creative Industries Telkom when incorporated with Telkom University in 2013.

 

Product Design Study Program Faculty of Creative Industries (FIK) produces  professional’s in the field of creative industries through mastery of theory, technology, and creative intelligence, so as to design a good product and has a sale value, as well as those qualities can contribute in improving human life.

 

Study courses in Product Design includes theory, modeling, methodologies, technology, application / applied as well as the tools needed to develop innovation products and creative industries based Visceral, Behavioral, Environmental, Future, and Conceptual.

  1. Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom,  berawal dengan didirikannya Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung pada tahun 1991.
  2. Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif (FIK) menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif, sehingga mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia.
  3. Kajian keilmuan program studi S1 Desain Produk meliputi teori, pemodelan, metodologi, teknologi, aplikasi/terapan serta alat bantu yang dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi produk dan industri kreatif berbasiskan Visceral, Behavioral, Environmental, Future, dan Conceptual.

 

 

Visi PS-DP yaitu “Menjadi Program Studi Desain Produk yang Unggul pada Tahun 2018 Melalui Pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dan Budaya Nusantara Dalam Menghasilkan Creativepreneur yang Berdaya Saing Untuk  Pengembangan Industri Kreatif di Bidang Desain Produk.

Berikut ini adalah penjelasan dari visi PS-DP:

  • Unggul berarti PS- DP menjadi program studi ternama yang mampu bersaing dengan universitas lain dalam prestasi, jumlah mahasiswa, konsentrasi yang mewakili 5 peminatan yang dimulai diarahkan dari tingkat dasar, dan terjalinnya kerjasama antar pihak industri dengan PS- DP dengan memberikan kepercayaan kepada program studi melalui beberapa kerjasama baik jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Creativepreneur adalah seorang yang mandiri dengan profesinya, terampil dengan disiplin ilmunya, dan mampu memecahkan permasalahan secara profesional khususnya yang berkaitan dengan perkembangan keilmuan Desain Produk.

 

Misi PS-DP sejalan dengan misi Fakultas Industri kreatif dan misi Universitas Telkom, dimana misi PS-DP adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran keilmuan desain produk berwawasan creativepreneurship dengan memanfaatkan budaya Nusantara dan ICT.
  • Melakukan pengembangan dan mendiseminasikan keilmuan desain produk melalui penelitian yang mendukung industri kreatif dengan memanfaatkan budaya Nusantara dan kebaruan ICT.
  • Menerapkan keilmuan desain produk untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kemampuan creativepreneurship masyarakat serta melaksanakan berbagai kerjasama dengan berbagai institusi baik nasional maupun Internasional dalam berbagai kegiatan akademik dan lainnya.

Adapun tujuan PS- DP adalah sebagai berikut:

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan ilmu dalam bidang desain produk, berjiwa creativepreneur yang inovatif, serta mampu memanfaatkan perkembangan ICT dan budaya Nusantara.
  • Menghasilkan penelitian dalam pengembangan desain produk yang inovatif dan dipublikasikan di level nasional maupun internasional yang dapat diaplikasikan oleh industri.
  • Menghasilkan kegiatan- kegiatan creativepreneurship di bidang desain produk dengan memanfaatkan ICT, budaya Nusantara yang bermanfaat untuk masyarakat, dan melaksanakan berbagai kerjasama dengan berbagai institusi baik nasiona maupun internasional dalam berbagai kegiatan akademik dan lainnya.
%d bloggers like this: