Community Service Programs

Pengabdian Masyarakat Dana Internal – Pengabdian Masyarakan Dana Eksternal – Produk Pengabdian Masyarakat

Pengabdian Masyarakat Skema Reguler Priode I dan II-2018

Peduli Pendidikan, Sejumlah Dosen Desain Produk Membuat Gambar Ilustrasi Tematik Di Kober Lentera Bandung

Telkom University- Bandung, (14/10/2018) Sejumlah dosen desain produk melakukan  Pengabdian Masyarakat Skema Reguler Priode I termin I mengenai media pendidikan di Kober (Kelompok Belajar) Lentera yang beralamatkan di Komplek Dinas Ukur Desa Sukapada Bandung. Abdimas (Pengabdian Masyarakat) ini diketuai oleh Bapak Yanuar Herlambang S.Sn., M.Ds, dengan Anggota dosen Yoga Pujiraharjo S.Sn., M.Sn, dan Martiyadi Nurhidayat S.Pd.,M.Sn.  dan berkolaborasi dengan anggota mahasiswa  Mega Linor dan Muhamad Iqbal. tentang gambar ilustrasi dengan maksud memperbaharui media pembelajaran dengan objek lukis ilustrasi pada dinding-dinding di lingkungan kober menjadi sarana belajar mengajar.

Tematik pada pembuatan gambar ilustrasi yaitu mengenal angka, mengenal huruf, dan mengenal huruf hijayiah dengan maksud guru dapat memanfaatkannya dalam belajar mengajar.  Pelaksanaan tersebut dilakukan dari Bulan Juni hingga Agustus 2018. “Hal ini sangan bermanfaat bagi kami dalam kemajuan sekolah khususnya kegiatan belajar siswa menjadi bervariasi melalui gambar ilustrasi” ujar Heni Heryani selaku Kepala Sekolah Kober Lentera.

Perancangan Masjid Darussalam Dilakukan oleh Sejumlah Dosen Desain Produk Telkom University

 

Bandung, Telkom University (9/10/2018) – Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Bapak Edwin Buyung Syarif, M.Sn, Bapak Yoga Pujiraharjo, M.Sn., dan Bapak Asep Kadarisman, M.Sn pada pengabdian masyarakat dengan bantuan dana internal Telkom University, pelaksanaan tersebut  yang dilakukan pada tanggal 5 mei 2018 di Kampung Gagarjunti RT.001/RW.001 Desa Hegarsari, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut untuk merancang Mesjid Darussalam.

Masjid merupakan sarani ibadah umat islam dimana masjid mengutamakan kenyamanan, keamanan dan mampu mengakomodasi kebutuhan ibadah adalah syarat yang
semestinya dipenuhi pada bagunan masjid. Namun tidak semua bangunan masjid telah memenuhi syarat tersebut atau bahkan bangunan yang dipakai bukan untuk masjid tapi banyak dialihfungsikan sebagai masjid. Seperti apa yang terjadi pada bagunan sarana ibadah di kampung Gagarjunti, Desa Hegarsari, bangunan yang dijadikan sarana ibadah masih kurang memadai untuk mengkomodasi kebutuhan ibadah jamaahnya. Maka dari itu tim  pengabdiam Masyarakat yang diketuai oleh Bapak Edwin Buyung Syarif, M.Sn sebagai solusi dari mesjid sebagaimana fungsinya.

PEMBUATAN MEDIA VISUAL DIAM TEMATIK PEMBELAJARAN

DI LINGKUNGAN TK GRAHA ANANDA

 

(Bandung, 5 Desember 2018) Lokasi pengabdian Masyarakat bertempat di Komplek Graha Bukit Raya F7 no 35 Kec Cilame, Kel, Ngamprah Kab. bandung Barat. Taman kanak kanak (TK) merupakan masa pengenalan lingkungan yang melatih aspek psikomotorik, afektif, dan kognitif dalam diri peserta didik. Pengenalan tersebut dilakukan melalui pembelajaran yang menyenangkan contohnya bermain sambal belajar. Banyak diantaranya yang berkaitan dengan alam seperti out bond, bercocok tanam, mengenal buah dan sayur dan lainnya

   

Gambar 1 Proses Kegiatan Pembelajaran diKelas

Metodologi pelaksanaan kegiatan pada pengabdian masyarakat ini menggunakan metode studi kreatifitas dengan melakukan observasi terlebih dahulu terhadap masyarakat sasar, kemudian mengidentifikasi jenis tanaman yang cocok untuk diterapkan sebagai media visual diam tematik pembelajaran di TK Graha Ananda untuk meningkatkan media pembelajaran dalam pengenalan tanaman pada proses kegiatan belajar mengajar.

Harapan kami dengan dibuatnya visual diam tematik menjadikan proses kegiatan belajar mengajar khususnya guru dapat memanfaatkan desain tematik yang terdiri dari pengenalan tumbuh-tumbuhan menjadikan media pembelajaran. Pada umumnya peserta didik dapat menciptakan karakter yang lebih baik jika didampingi oleh guru dan orang tua yang berakhlakul kharimah.

PENGABDIAN MASYARAKAT SKEMA I-2019

Meningkatkan Minat Baca Anak

Sejumlah dosen desain produk melakukan Pengabdian Masyarakat Skema Reguler Priode I-2019 dengan tema, meningkatkan minat baca anak usia dini melalui perancangan rak buku serta ruang sudut baca tema bis bandros. Abdimas (Pengabdian Masyarakat) ini diketuai oleh Bapak Hardy Adiluhung S.Sn., M.Sn, dengan Anggota dosen Diena Yudiarti S.Ds., MSM. dan berkolaborasi dengan anggota mahasiswa Lincah Prabowo. Menata kembali ruang sudut baca di Taman kanak kanak Gita Kirrti Bandung, sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca anak dan gemar membaca pada usia dini khususnya. Pelaksanaan tersebut dilakukan dari Bulan oktober hingga desember 2019. “Hal ini sangat bermanfaat bagi kami dalam kemajuan sekolah khususnya kegiatan saran dan prasara di ruang sudut baca, sehingga pada anak anak tumbuh rasa gemar membaca dengan suasana yang nyaman dan layaknya di rumah sendiri”.

Pemanfaatan Limbah Kayu

Sejumlah dosen desain produk melakukan Pengabdian Masyarakat Skema Reguler Priode I-2019 dengan tema Pengolahan limbah kayu pada IKM Rookma, diketuai oleh Terbit Setya P, M.Ds, dengan anggota mahasiswa Nadhira Saffana, Putri Nur Fajriani, Rosita fauziah, M. Iqb
Rookna adalah industri kecil menegah yang baru memulai bisnisnya dibulan Maret 2018. berfokus pada furniture dari limbah kayu, Rolly sebagai founder Rookma ingin mengenalkan ke publik bahwa limbah bisa berkelas dan senilai harganya dengan produk pasaran yang justru menghasilkan limbah. Rookma ingin terus berkontribusi terhadap lingkungan dengan mengenalkan ciri khas Indonesia lewat furnituer.

Diversifikasi Produk Dompet Kulit Pria Stylish di IKM Emen's Leather Collections Cibaduyut, Kota Bandung

 

Bandung 23/07/2019 IKM yang bekerjasama dalam perancangan dompet ini bernama Emens’sollectionsyang berada di Jl. Cibaduyut raya no 181, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Ikm ini didirikan oleh perorangan oleh Bapak Rohmat Hidayat, dari hasil jahitan produk-produk dari IKM ini memiliki teknik jahit dan pemotongan yang rapi dan produksinya dapat dilakukan dengan cepat. Pengabdian ini diketuai oleh Sheila Andita Putri, M.Ds dan Yanuar Herlambang, S.Sn., M.Ds. beserta mahasiswa industrial design Telkom University.
Tim mengembangkan dompet dengan bahan kulit asli dapat bersaing juga dengan yang lain bukan hanya desainnya yang menarik tapi dari segi harganya juga tetap terjangkau dengan cara mengembangkan sebuah produk yang sudah ada sebelumnya yang sudah dibuat pada ikm yang mana nantinya kita kembangkan agar ikm tersebut diharapkan dapat menaikan nama dan potensi dari ikm itu tersebut, Memperkenalkan teknik pengembangan produk dengan metode SCAMPER berdasarkan produk yang telah diproduksi di IKM sebelumnya

Pengembangan Desain Tas Olah Raga Untuk Produk Seri Baru Di Sentra Industri Tas idola Indonesia Kota Bandung

Bandung 23/07/19 Pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Bpk Yanuar Herlambang, S.Sn., M.Ds dan Bpk Teuku Zulkarnain Muttaqien, M.Sn. beserta mahasiswa dari Universitas Telkom. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini tim kami berusaha mengembangkan desain tas untuk event dengan kategori olahraga di mana jenis kategori ini memiliki kebutuhan tersendiri untuk spek produknya seperti penyimpanan alas kaki tempat minum pakaian ganti dan sebagainya, dengan pengembangan desain tas yang baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan desain dengan fungsi yang sesuai kategorinya.

Pengembangan desain tas yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan metode redesign dengan teknik scamper dengan kata lain Tim akan mengobservasi desain desain tas yang sebelumnya pernah dibuat atau di sana atau eksisting yang kemudian dikembangkan menggunakan Sketsa yang mencoba memberikan lebih banyak pilihan dari beberapa penggabungan modifikasi dan sebagainya dengan teknik scamper, ideasi yang dilakukan merupakan gabungan dari beberapa produk yang telah ada sebelumnya menjadi sebuah desain yang memiliki kebaruan dengan adanya desain baru dengan teknik scamper ini diharapkan PKM memiliki nilai tambah dengan desain yang memiliki keunikan dan lebih personal.

Produk tas ini di desain dengan memikirkan dimensi yang cocok digunakan oleh user. Bentuk dan ukuran produk disesuaikan dengan postur tubuh user agar user lebih nyaman saat menggukana produk.
Ada beberapa inovasi dalam produk tas olahraga anak ini, inovasi terdapat di bagian penyimpanan sepatu dan bagian tas yang terpisah sehingga mudah dalam membersihkannya. Selain itu fitur lain juga terdapat pada bagian dalam tas yang terdapat sekat yang memisahkan barang bersih dan barang kotor.

PENGEMBANGAN POTENSI IKM MELALUI STRATEGI PERANCANGAN PRODUK MFC
(Morphological Forced Connection) IKM Produk Alas Kaki

Industri kreatif bertumpu pada keberlanjutan perancangan, produksi dan transaksi penjualan produk, digerakan oleh para pihak-pihak yang berkepentingan salah satunya
adalah Industri Kecil Menengah (IKM). IKM memiliki sumbangan persentase pendapatan negara, menyerap tenaga-tenaga terampil dan memberikan ciri khas pada produk buatan lokal.
IKM memiliki potensi SDM yang terampil, memiliki peralatan dan teknik produksi yang dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan sebuah produk. Dibutuhkan sebuah perancangan produk baru untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh IKM agar memiliki tambahan alternatif produk sebagai portfolio mereka. Diharapkan dengan adanya tambahan ragam produk IKM memiliki daya saing trend dan dapat berkompetisi di lingkungan industri kreatif. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan alternatif cara merancang produk yang memudahkan IKM dalam mengolah sumber daya yang sudah dimiliki. Cara merancang ini dilakukan melalui sebuah modul MFC (Morphological Forced Connection), pada dasarnya modul ini adalah pemetaan potensi. Potensi yang dimaksud adalah ragam produk dan komponen-komponennya yang kemudian dipetakan dan dikombinasikan