Site Loader

Pada masa-masa Siaga Covid-19 seperti sekarang ini perlengkapan proyeksi diri sanga dibutuhkan oleh masyarakat, termasuk masker yang dapat melindungi kita dari sebaran kuman & virus melalui udara. Permintaan masyarakat akan kebutuhan masker semakin meningkat, untuk itu pihak Telkom University bekerjasama dengan para civitasnya salah satunya adalah beberapa Dosen Desain Produk Industri dari Fakultas Industri Kreatif menginisiasi untuk memproduksi DIY face masker.

Perlengkapan proteksi perlindungan diri juga dibutuhkan masyarakat, termasuk masker yang dapat melindungi dari sebaran kuman dan virus melalui udara. Dan sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) semua masyarakat sarankan untuk menggunakan masker

DIY face masker ini diberi nama INSERTA yang merupakan masker dengan pocket tempat filter kain kassa yang dapat di-refill atau diganti, selain itu bagian luar masker ini dibuat dari bahan kain yang dapat dicuci dan dipergunakan kembali. Inserta adalah masker kain dengan fitur berupa ‘pocket’ untuk mengganti filter didalamnya dan filter ekstra ini berfungsi untuk meningkatkan perlindungan terhadap droplets maupun debu yang dapat terhirup ketika bernapas sementara Inserta sendiri berasal dari frase ‘insert-again’ dalam Bahasa Inggris berarti ‘memasukkan kembali’. Nama ini merujuk pada fitur utama masker yang memungkinkan fitur baru untuk dimasukkan lagi melalui ‘pocket’ sebelum masker digunakan.

Masker sekali pakai hanya diperuntukan bagi kalangan medis dan petugas kesehatan lainnya yang berjuang demi keselamatan masyarakat. Mari kita sebagai masyarakat sipil menggunakan DIY face masker yang dapat kita gunakan berulang kali untuk mengurangi beban kebutuhan perlengkapan medis. Jaga kesehatan diri dan orang-orang sekitar kita yang kita sayangi dengan menggunakan INSERTA.

Post Author: Adpro DP

Admin Prodi Desain Produk
Fakultas Industri Kreatif
Telkom University

Leave a Reply