Keberadaan Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom, berawal dengan didirikannya Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Bandung pada tahun 1991. Setelah satu tahun, tepatnya pada 10 November 1992, Program Studi Desain Produk didirikan, melengkapi prodi-prodi lainnya yang ada yakni Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi Desain Interior, Prodi Desain Kriya Tekstil dan mode, dan Prodi Seni Rupa Murni (Patung dan Lukis).

Bila dilihat dari grafik kepeminatan terhadap Program Studi Desain Produk menunjukkan angka yang semakin semakin meningkat. Pada tahun 2011 STISI bergabung dengan Telkom, dan berubah nama menjadi STISI Telkom, kemudian berubahan nama dilakukan kembali ketika STISI Telkom tergabung dalam Universitas Telkom, pada Fakultas Industri Kreatif Telkom pada tahun 2013.

Program Studi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif (FIK) menghasilkan lulusan Sarjana Desain yang profesional di bidang industri kreatif melalui penguasaan teori, teknologi, dan kecerdasan kreatif, sehingga mampu merancang produk yang baik dan memiliki nilai jual, serta dapat berkontribusi dalam meningkatan kualistas hidup manusia.