DESAIN LOGO DAN APLIKASINYA PADA KEMASAN PRODUK PLASTIK THINWALL (STUDI KASUS PRODUK SALAD BUAH IKM KAMYA FOOD, KOMUNITAS SAUDAGAR SOMEAH BANDUNG)

Komunitas UMKM Saudagar Someah memiliki puluhan anggota pelaku usaha dari
berbagai jenis usaha yang mewakili sebagian besar kecamatan di Kabupaten Bandung.
Para pelaku UMKM Saudagar Someah dapat mengembangkan potensi produk maupun
jasa yang ditawarkan sesuai dengan misinya bersinergi dengan program pemerintah
dalam pengembangan usaha. Bermitra dengan Akademisi dalam meningkatkan
pengetahuan, keterampilan dan wawasan pelaku UMKM. Melakukan pendampingan
terhadap pelaku UMKM dalam bentuk pelatihan dan pembinaan. Membuka jaringan
pemasaran bagi pelaku UMKM.

Komunitas UMKM Saudagar Someah memiliki puluhan anggota pelaku usaha dari
berbagai jenis usaha yang mewakili sebagian besar kecamatan di Kabupaten Bandung.
Pada pengabdian masyarakat ini jenis usaha yang akan dijadikan mitra sasar yaitu jenis
usaha Cemilan tradisional yang terdiri dari UMKM Cireng Seuhah Deulis, Gumiwang,
Pedasholic, Pempek Risya, Neni Snack, Kamya Food, Noor Panca H., Queenur
Kasreng, dan Basreng Ambuink. Sebagai sebuah komunitas UMKM yang memiliki
beragam usaha, tentu memerlukan sebuah media informasi dan komunikasi untuk
mengenalkan bentuk usaha dari masing-masing UMKM yang ikut tergabung. Sejauh
ini media yang digunakan hanya sebatas sosial media dan dari mulut ke mulut,
sehingga belum maksimal dalam mewujudkan visi Komunitas Saudagar Someah.

Komunitas Saudagar Someah menyampaikan bahwa masih terdapat beberapa
kekurangan dalam melakukan promosi produk dan jasa, seperti belum adanya label
serta system kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk. Sehingga konsumen
tidak mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan oleh UMKM. Maka dibutuhkan
hibah Desain Kemasan pada Perkumpulan UMKM Saudagar Someah. Solusi yang
akan dibuat dengan merancang dan mengaplikasikan desain kemasan baru yang sesuai
dengan karakteristik produk UMKM tersebut dan mampu meningkatkan pesona
produk yang dikemas.

Anggota Komunitas Saudagar Someah yang memiliki produk utama makanan cukup banyak yang menggunakan kemasan Plastik Thinwall dengan aneka ukuran, termasuk Kamya Food. Produk Salad Buah Kamya Food menggunakan kemasan Thinwall 300ml, 500ml, dan 1000ml sebagai kemasan primernya. Jenis kemasan ini ideal untuk produk IKM khususnya Salad Buah karena Harganya yang terjangkau, mudah ditemukan, dan mampu melindung produk yang memiliki karakteristik basah dengan baik. Jenis kemasan ini memungkinkan produk salad untuk disimpan di area lembab seperti lemari es dan mampu mengantisipasi kemungkinan kebocoran produk, terutama ketika produk dinikmati dengan saus pelengkap.
Pada produk Kamya Food, Kemasan Thinwall dilengkapi dengan label yang dibuat secara sederhana oleh sang Pemilik. Untuk dapat menarik lebih banyak konsumen baru, Pemilik memerlukan logo yang membuat mereknya mudah dikenali sekaligus unik dan menarik bagi konsumen. Oleh karena itu, Hibah Desain yang dibuat mencakup identitas merek yang terdiri dari logo, font, hingga Ilustrasi pendukung (eksklusif hanya untuk dipergunakan kamya food). Identitas merek ini kemudian diaplikasikan pada perancangan label kemasan.

Hasil Abdimas langsung digunakan untuk kegiatan promosi dan penjualan. Hasil abdimas juga digunakan oleh mitra sebagai bagian dari kegiatan rebranding. Untuk Hasil abdimas berupa template digital sudah diserahkan kepada mitra dalam bentuk file digital yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan mitra.

Pengembangan rancangan kemasan dapat menggunakan kemasan siap pakai yang sudah banyak tersedia seperti kemasan Plastik Thinwall. Namun perlu diperhatikan bahwa fungsi desain kemasan adalah untuk memberikan perlindungan, memudahkan proses identifikasi, sekaligus meningkatkan pesona produk yang dikemas.

Admin Prodi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *