Pengenalan Kuliner Nusantara Melalui Kemasan Board Game Edukatif

Pengenalan Kuliner Nusantara Melalui Board Game Edukatif: Kolaborasi Desain Produk Tel-U dan Kuttab Labib Bandung

Bandung, 2025 – Mahasiswa dan dosen dari Program Studi Desain Produk Telkom University kembali menunjukkan kiprahnya dalam membumikan nilai-nilai budaya lokal melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas). Bertempat di Kuttab Labib Bandung, tim abdimas mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berupa board game edukatif yang mengangkat tema kuliner tradisional Indonesia sebagai alat bantu belajar bagi anak-anak usia dini.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan Kuttab Labib, sebuah lembaga pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan pembelajaran mandiri dan kreatif akan media pembelajaran berbasis budaya yang lebih interaktif dan aplikatif. Selama ini, pengenalan budaya di Kuttab masih terbatas pada permainan peran dan cerita, dengan media yang minim.

Untuk menjawab tantangan tersebut, tim Abdimas merancang sebuah board game edukatif bertema jajanan tradisional Nusantara. Game ini tidak hanya berisi elemen bermain, tetapi juga dirancang secara edukatif agar anak-anak dapat mengenal bahan makanan, proses pembuatan, dan nilai-nilai budaya yang terkandung di dalam kuliner Indonesia. Desainnya dikembangkan dengan kemasan estetis, aman untuk anak-anak, dan ramah lingkungan, sejalan dengan prinsip Montessori dan nilai keberlanjutan.

Selain pengembangan produk, program ini juga melibatkan pelatihan guru dan orang tua mengenai implementasi media pembelajaran tersebut di lingkungan sekolah dan rumah. Harapannya, tidak hanya anak-anak yang belajar mengenal budaya, tapi juga tercipta ekosistem belajar yang kolaboratif antara sekolah dan keluarga.

“Penting bagi anak-anak untuk tumbuh dengan identitas yang kuat, termasuk memahami budaya lokal sejak dini. Board game ini menjadi jembatan yang menyenangkan dan edukatif untuk itu,” ujar salah satu dosen pelaksana program.

Kegiatan ini juga mendorong keterlibatan masyarakat lokal, termasuk pengrajin, ilustrator, dan pelaku UMKM, dalam proses produksi board game. Kolaborasi ini membuka potensi pengembangan ekonomi kreatif lokal sekaligus memperkuat rasa kepemilikan masyarakat terhadap media pendidikan berbasis budaya. Dengan sinergi antara pendidikan Islam dan kekayaan budaya Nusantara, Desain Produk Telkom University melalui kegiatan ini berkomitmen untuk mencetak generasi yang berakhlak Qurani sekaligus mencintai warisan budaya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Ruas yang wajib ditandai *