Sketsa merupakan sesuatu yang sangat penting karena salah satu fungsinya, adalah sebagai pengejawantahan sebauh ide. Sangat sulit sebuah ide dalam desain jika diungkapkan hanya dalam bentuk tulisan apalagi idenya sangat kompleks dan terkolerasi dengan bentuk, fungsi dan material yang erat hubungannya dengan visual manusia. Maka pada hakikatnya tanpa sketsa sebuah ide takan mampu dipahami oleh orang lain, apalagi jika ide tersebut akan dikembangkan kedalam sebuah produk.
SMK TI Garuda Nusantara Cimahi, memiliki jurusan Animasi yang berakar pada keilmuan seni rupa dan desain, kompetensi guru produktif yang basis keilmuannya heterogen terkadang benang merah antara ilmu seni rupa (sketsa) dengan ilmu pemodelan digital 3D tidak dapat dipahami korelasinya oleh para siswa Animasinya padahal salah satu kompetensi yang wajib bagi siswa animasi adalah mampu membuat produk karakter 3D, sesuai dengan cerita yang dibuat, baik karakter protogonis, karakter peran pembantu maupun karakter antagonis.
Workshop pembelajaran sketsa yang dilakukan oleh dosen Desain Produk Telkom University bukan sekedar membuat sketsa dari bentuk geo dan bio, melainkan belajar membuat sketsa dari berbagai sudut pandang, kemudian di scan dan dijadikan panduan dalam perancangan produk digital 3D melaui proses tracing.