Bachelor of Product Design Telkom University

Galeri

Jun
25

Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini: Pengabdian Masyarakat di POS PAUD Melati Putih Kota Bandung

Pada hari Kamis, 25 Januari 2024, telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada perancangan dan hibah rak gantung ergonomis di POS PAUD Melati Putih, Kota Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kemandirian anak usia dini dalam kegiatan sehari-hari, khususnya dalam konteks pendidikan keagamaan. Acara ini dihadiri oleh para guru, staf, dan orang tua anak-anak, yang semuanya berpartisipasi aktif dalam proses diskusi dan evaluasi desain rak gantung yang ergonomis. Rak gantung ergonomis yang dihibahkan ini dirancang khusus berdasarkan masukan dari Focus Group Discussion (FGD) dengan orang tua dan guru, serta observasi mendalam terhadap aktivitas anak-anak di PAUD. Desain ini mempertimbangkan tinggi dan jangkauan anak usia 4-6 tahun, memastikan bahwa mereka dapat dengan mudah menyimpan dan mengambil barang-barang pribadi mereka tanpa bantuan orang dewasa. Kegiatan dimulai pukul 08:00 dengan presentasi mengenai konsep ergonomi dan pentingnya desain yang sesuai dengan antropometri anak usia dini. Peserta diberikan wawasan tentang bagaimana desain ergonomis dapat membantu meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab anak sejak dini. Setelah itu, dilakukan sesi observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik anak-anak di POS PAUD Melati Putih. Masukan dari para guru, staf, dan orang tua sangat berharga dalam menyempurnakan desain rak gantung ini. Peserta diberikan kesempatan untuk mencoba beberapa prototipe rak gantung yang telah dirancang berdasarkan masukan awal. Prototipe ini dievaluasi bersama, dan umpan balik langsung dari para pengguna akhir digunakan untuk melakukan penyempurnaan desain. Proses evaluasi ini memastikan bahwa rak gantung yang dihasilkan tidak hanya ergonomis dan aman, tetapi juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan anak-anak di PAUD. Kegiatan pengabdian masyarakat ini tidak hanya memberikan solusi praktis dalam bentuk rak gantung ergonomis, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya fasilitas pendidikan yang mendukung perkembangan anak usia dini. Keberlanjutan program seperti ini diharapkan dapat terus memberikan manfaat nyata bagi PAUD dan masyarakat sekitarnya, memastikan bahwa setiap anak mendapatkan dukungan optimal untuk tumbuh dan berkembang dengan mandiri.

By nurulfitrianabahri@telkomuniversity.ac.id | Pengabdian Masyarakat . Pengabdian Masyarakat
DETAIL
Mei
23

Awarding DESIGN SPRINT (Nirmana Interni x Desain Produk Telkom University)

Rangkaian Design Sprint yang telah  berlangsung selama lebih dari 2 bulan kini sampai pada puncar acara, Yakni Awarding yang terselenggara pada Selasa, 21 Mei 2024 lalu di Sebatik Fakultas Industri Kreatif Telkom University. Desain Sprint Merupakan Lomba Kompetisi Stool yang diselenggarakan oleh Nirmana Interni yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Desain produk Telkom University. Juara 1 dan 2 Kompetisi ini selain mendapatkan hadiah, juga mendapatkan kesempatan magang di Nirmana Interni. Adapun Juara 1 diraih oleh Rizky Ilham Ramadhani dengan karya desain “Stool Fools”, Juara 2 diraih oleh Nurnajman Assyiraq Ibrahim dengan karya desain “Diuk, Loba & Calik”, serta juara 3 diraih oleh Muhamad Qeys dengan karya desain “Lotus”. Selamat kepada para pemenang. Terima kasih, sampai jumpa pada Design Sprint selanjutnya! ✨ #productdesigntelkom #desainproduk #desainproduktelkom #FIKjawara #telkomuniversity #desainproduktelkomuniversity #productdesign #designsprint #telkomuniversity #telkomuniversitybandung

By nursabariaharif@telkomuniversity.ac.id | Kegiatan . mahasiswa
DETAIL

Wisuda Mahasiswa Desain Produk Telkom University Maret 2017

Pada tanggal 25 Maret 2017, telah dilaksanakan acara wisuda Mahasiswa Universitas Telkom. Untuk menyambut para wisudawan yang berasal dari jurusan Desain Produk, diadakan iring- iringan Mahasiswa yang mengenakan kostum senada. Acara wisuda sendiri bertempat di Telkom University Convention Hall.     Selamat Berkarya untuk para Wisudawan, semoga ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan di Desain Produk Telkom University bermanfaat sebagai bekal di masa depan. Sukses selalu!

DETAIL