Site Loader

Rabu 20 Mei 2020. Di Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan 55 produk riset dan inovasi penanganan Covid-19 karya anak bangsa yang tergabung dalam Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19. Peluncuran di Harkitnas ini menjadi momentum baru bagi kebangkitan sains dan teknologi di Indonesia khususnya bidang kesehatan.

Dari 55 produk Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang diluncurkan, Produk-produk unggulan yang berkaitan dengan upaya percepatan penanganan Covid-19. Presiden Jokowi optimis bahwa hal-hal yang dulunya tidak pernah terpikirkan dan hanya mengandalkan impor, sekarang ini bisa memproduksinya secara mandiri. Lebih dari itu, ia berharap Indonesia mampu menghasilkan vaksin sendiri.

Telkom University termasuk yang memberikan IDE dan Karya nyata sebagai bukti kepedulian terhadap Pandemik Covid 19. Asep Sufyan M.A S.Ds., M.Sn dan Angga Rusdinar, S.T., M.T., Ph.D dengan karya robot medis dan penyinaran UV (Robot AUMR) ikut meramaikan 55 produk riset dan inovasi penanganan Covid-19 karya anak bangsa yang tergabung dalam Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 yang diresmikan langsung oleh RI 1 Bapak Presiden Jokowi Dodo.

Lebih lanjut Presiden Jokowi berharap agar karya-karya itu tidak berhenti di laboratorium dan jangan hanya terbatas prototipe, tetapi harus terus berlanjut dan bisa diproduksi secara massal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan bisa ekspor ke manca negara. “Untuk itu, kerjasama dan kolaborasi antara kekuatan anak bangsa harus diperkuat. Lembaga-lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat, semuanya harus bekerjasama membangun ini,” tuturnya. dikutip dari http://www.biskom.web.id/ 

Post Author: Adpro DP

Admin Prodi Desain Produk
Fakultas Industri Kreatif
Telkom University

Leave a Reply