
Upaya Menumbuhkan Imajinasi Bercerita dengan Merancang Produk Mainan Montesori Partikel Life
Bandung, 2025 – Permasalahan keterbatasan media pembelajaran di TK Graha Ananda, khususnya dalam penerapan metode Montessori di area Partikel Life, mendorong perlunya inovasi media edukatif yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. Anak usia 4–6 tahun berada pada tahap belajar konkret dan eksploratif, sehingga membutuhkan alat bantu ajar yang mendukung pembelajaran mandiri dan pengalaman langsung. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan guru secara aktif dalam seluruh tahapan: identifikasi masalah, perencanaan solusi, implementasi media, evaluasi dan revisi. Hasil dari kegiatan ini adalah media permainan edukatif berbentuk rumah mini interaktif berbahan ramah anak, yang dirancang dengan mempertimbangkan aspek ergonomi, keamanan, dan nilai edukatif berbasis sains sederhana dan budaya lokal. Implementasi media di kelas menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi anak dalam eksplorasi, serta mempermudah guru menjelaskan konsep kehidupan secara konkret. Evaluasi partisipatif menunjukkan media ini efektif dan relevan, meski masih diperlukan perbaikan teknis pada ukuran dan ketahanan material. Kegiatan ini menunjukkan bahwa perancangan media berbasis PAR dan desain produk kontekstual mampu menjawab kebutuhan nyata di PAUD serta dapat direplikasi sebagai praktik baik pembelajaran Montessori eksploratif.
Tabel 1. Klasifikasi kekuatan dalam menerapkan metode montesori di TK
(Sumber : Data tim Pengabdian Masyarakat)
Aspek | Montesori | Konvensional |
Pendekatan Belajar | Belajar berdasarkan self-directed learning dan eksplorasi bebas. Anak aktif memilih aktivitas sesuai minat dan tahapan perkembangan. | Biasanya lebih terstruktur, berpusat pada guru, dengan instruksi satu arah dan aktivitas seragam. |
Kemandirian Anak | Anak lebih mandiri karena terbiasa mengambil keputusan, bertanggung jawab terhadap aktivitasnya sendiri. | Anak cenderung pasif mengikuti instruksi. Ruang untuk membuat keputusan pribadi lebih terbatas. |
Perkembangan Individual | Setiap anak dihargai sebagai individu unik. Tidak ada tekanan kompetisi, sehingga fokus pada pertumbuhan personal. | Anak dinilai berdasarkan standar umum, bukan perkembangan unik masing-masing anak. |
Fasilitas dan Media Edukatif | Penggunaan alat bantu konkret yang dirancang khusus untuk melatih motorik, sensorik dan kognitif. | Media belajar tidak selalu disesuaikan dengan tahap perkembangan sensorik atau kognitif anak. |
Lingkungan Belajar | Lingkungan tertata rapi, tenang, dan dirancang untuk memfasilitasi pembelajaran mandiri. | Penataan ruang kurang fleksibel dan tidak selalu mengundang eksplorasi aktif dari anak. |
Peran Guru | Guru berperan sebagai fasilitator, bukan pusat informasi. Anak belajar aktif, guru mendampingi secara individual. | Guru dominan sebagai pusat pembelajaran, dengan pengawasan penuh terhadap kegiatan anak. |
Interaksi Sosial | Kelompok usia campuran membantu anak belajar dari teman yang lebih tua dan membimbing yang lebih muda. | Umumnya dalam kelompok usia yang seragam, sehingga kurang beragam dalam pembelajaran sosial. |
Media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kegiatan pembelajaran akan menciptakan suatu kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa bisa diserap secara optimal. Media ini akan dibuat dengan mempertimbangkan prinsip Montessori, tetapi menggunakan bahan yang lebih terjangkau dan mudah didapat, sehingga dapat diadaptasi oleh sekolah-sekolah dengan keterbatasan anggaran.
Pemilihan media dilakukan ketika pendidik akan membuat alat peraga untuk mempermudah peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, semakin berkembangnya ilmu teknologi maka semakin banyak dan berkembang pula media-media diluaran sana. Dengan adanya alat peraga ini, diharapkan anak-anak tetap dapat belajar dengan pendekatan Montessori tanpa terkendala biaya tinggi, serta guru dapat mengoptimalkan pembelajaran berbasis eksplorasi dan sensorik secara lebih efektif di TK Graha Ananda
Tim Pengabdian Masyarakat Telkom University
Ketua Tim: Martiyadi Nurhidayat, S.Pd., M.Sn.
Anggota Tim :
Hardy Adiluhung, M.Sn.
Hanif Azhar, S.T., M.Sc.