MEMBANGUN KARAKTER PELAJAR PANCASILA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI TK GRAHA ANANDA PADALARANG
Martiyadi Nurhidayat, Hardy Adiluhung, Edwin Buyung Syarif
Permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya pengetahuan anak-anak usia dini terhadap Pancasila serta lemahnya implementasi nilai- nilai karakter dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Kondisi ini menjadi tantangan bagi lembaga pendidikan, khususnya taman kanak-kanak, yang diharapkan dapat menjadi fondasi awal bagi pembentukan karakter anak.
Salah satu solusi yang diusulkan adalah penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui penerapan program pendidikan berbasis nilai-nilai Pancasila sejak usia dini.
Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan partisipasi aktif dari pendidik, anak- anak, dan orang tua dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini memungkinkan terjadinya perubahan yang langsung diobservasi dan diadaptasi sesuai dengan kebutuhan lokal.
Solusi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan memperkenalkan produk permainan tradisional sebagai bagian dari muatan lokal di taman kanak-kanak. Permainan tradisional dipilih karena sarat dengan nilai-nilai kebersamaan, kerja sama, kejujuran, dan tanggung jawab yang sejalan dengan enam dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak tidak hanya mulai mengenal dan memahami Pancasila, tetapi juga menginternalisasikan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan bermain yang menyenangkan dan bermakna. Permainan tradisional terbukti efektif dalam meningkatkan karakter budi pekerti anak-anak dan memfasilitasi mereka untuk lebih memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui integrasi permainan tradisional di lembaga pendidikan anak usia dini memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter dan nilai-nilai luhur Pancasila pada anak-anak. Implementasi ini diharapkan dapat menjadi model yang berkelanjutan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam rangka menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan berbudaya.
PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN DESAIN PRODUK TELKOM UNIVERSITY