Membangun Literasi Anak Usia Dini Melalui Inovasi Ruang Baca Ergonomis di POS PAUD Melati Putih Kota Bandung

Peningkatan literasi anak usia dini merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan pendidikan yang inklusif dan progresif. Sebagai respons atas tantangan ini, dilaksanakanlah sebuah proyek pengabdian masyarakat yang bertujuan memajukan literasi anak usia dini melalui inovasi ruang baca ergonomis di POS PAUD Melati Putih Kota Bandung. Proyek ini merupakan kolaborasi antara para ahli pendidikan, desain, dan komunitas, bertujuan menghadirkan suatu lingkungan belajar yang merangsang minat baca sejak dini.

Desain ruang baca yang terinspirasi dari rumah dan jendela, menggunakan material pinus yang ramah lingkungan, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi anak-anak usia dini. Kombinasi estetika yang menarik dan perhatian terhadap aspek ergonomis dalam dimensi ruangan, furnitur, serta penyusunan koleksi buku berdasarkan perkembangan anak telah menjadi fokus utama dalam pengembangan ruang baca ini.

Hasil dari pengabdian masyarakat ini tidak hanya terlihat dari estetika ruang baca yang mengundang, tetapi juga dari respons positif anak-anak. Dengan lingkungan yang sesuai dengan skala dan kebutuhan fisik mereka, anak-anak terlibat secara aktif dalam kegiatan membaca dan belajar. Peningkatan minat baca mereka tercermin dari partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan literasi yang diselenggarakan di POS PAUD Melati Putih.

Dengan demikian, langkah ini tidak hanya menjadi upaya nyata dalam meningkatkan literasi anak usia dini, tetapi juga menjadi teladan bagi upaya serupa di berbagai wilayah. Ruang baca ergonomis ini membuka peluang untuk memperluas cakupan pendidikan inklusif serta memberikan sumbangan positif dalam mengembangkan potensi anak usia dini sebagai generasi penerus yang cerdas dan berbudaya.

Admin Prodi Desain Produk Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *